Apa Iya Kulkas Akan Rusak Kalau Tiap Malam Dimatikan?

Salah satu cara menghemat listrik yaitu mematikan kulkas tiap hari mulai pukul 18:00 sampai dengan pukul 06:00 WIB. Namun, sampai hari ini masih ada anggapan bahwa kalau kulkas dimatikan tiap hari akan merusak kulkas. Bahkan ada anggapan akan mengakibatkan berbagai makanan, daging dan sayur akan menjadi rusak, busuk atau layu. Benarkah logika yang demikian?

Apakah fungsi kulkas?

Sebagian kulkas, terutama yang paling atas berfungsi untuk membuat es. Juga untuk mendinginkan makanan maupun minuman. Juga, bisa membuat makanan tertentu, terutama daging dan sayuran menjadi awet dan tidak mudah layu.

Apa alasan kulkas dimatikan tiap pukul 18:00-06:00 ?

Ada beberapa alasan kenapa kulkas harus dimatikan tiap malam
  1. Tentunya bertujuan menghemat listrik
  2. Ketika sore, di feezer akan menggumpal bunga-bunga es yang sangat tebal sehingga sulit mengangkat tempat es. Supaya esok hari mudah mengganti air es, maka tiap malam kulkas harus dimatikan.
  3. Malam hari tidak baik untuk kesehatan makan atau minum makanan dingin ataupun minuman dingin
  4. Dimatikan malam hari supaya tetesan es tidak cepat memenuhi tempat penampungan tetesan air karena kalau penuh akan luber dan menetes ke bawah dan akan mempengaruhi makanan atau minuman di bawahnya
  5. Supaya daging tidak menjadi beku karena kalau pagi hari langsung memasak daging beku akan berbahaya karena bakteri dalam daging belum mati
  6. Tidak akanmerusak kualitas makanan dan minuman karena dinginnya kulkas tetap bertahan selama pukul 18:00-06:00 dengan syarat pintu kulkas tidak terlalu sering dibuka saat kulkas dimatikan pada malam hari.
  7. Tidak akan merusak thermostat karena jangka pemadaman kulkas cukup lama (sekitar 12 jam)
  8. Daging dan ayur-sayuran tetap segar keesokan harinya karena kulkas mampu menyimpan suhu dingin selama 12 jam walaupun malam harinya dimatikan dengan syarat pintu kulkas jangan terlalu sering dibuka pada malam hari saat kulkas dimatikan. Terlalu lama menyimpan daging di kulkas justru memperpendek “umur” daging dan mengurangi gizi daging. Menyimpan sayuran yang terlalu lama kena embun dingin dari kulkas juga mempercepat pembusukan sayur-sayuran.
  9. Jika malam hari dimanfaatkan untuk membersihkan kulkas, maka kulkas memang sebaiknya dimatikan
  10. Ada beberapa jenis makanan/minuman/buah yang tidak boleh terlalu lama disimpan di kulkas. Antara lain: buah apel, tomat, kentang, kemangi, bawang, roti, mentega, kecap, saus, santan, kopi, mangga, semangka,buah persik, pisang. Oleh karena itu mematikan kulkas pada malam hari akan membantu menjaga kualitas makanan/minuman/buah tersebut.
  11. Kulkas jaman sekarang tidak sama dengan kulkas jaman dulu. Kulkas jaman dulu kalau dimatikan tiap malam bisa cepat rusak, kalau kulkas jaman sekarang dimatikan tiap malam tidak masalah karena termostat akan tetap bekerja mulai dari awal secara sempurna asal cara mematikannya dengan cara mencabut stop kontaknya dan menghidupkannya lagi dalam jangka lama. Kulkas jaman sekarang sudah serba otomatis dan aman.

Kesimpulan:
  1. Tidak semua makanan/minuman/buah-buahan/sayur-sayuran bisa disimpan berlama-lama di kulkas. Oleh karena itu menyalakan kulkas selama 12 jam (siang hari) dan mematikan selama 12 jam (malam hari) akan menyeimbangkan kualitas makanan/minuman/buah-buahan/sayur-sayuran yang disimpan di kulkas.
  2. Mematikan kulkas tiap pukul 18:00-06:00 (12 jam) tidak merusak kulkas karena jangka waktu atau jarak waktu mematikan dan menghidupkan lagi cukup lama, asal cara mematikannya dengan cara mencabut stop kontak. Justru, bisa menghemat listrik. Kulkas jaman sekarang juga lebih aman dan awet (tidak cepat rusak) dibandingkan kulkas jaman dulu.
Sum : Service Elektronik Panggilan
Editor : Rudi Tralala
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Istana Service | Istana Service
Copyright © 2015. Istana Service & Entertainment - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Istana Service
Proudly powered by Blogger